Seberapa Besar Jumlah Data yang Ada di Bumi?

Posted by M@storo on Thursday, February 17, 2011

Sebesar apa bila semua data di Bumi disatukan, baik data analog (buku, gulungan kuno, tablet tanah liat, dsb) maupun digital (USB, CD, kartu memori, dsb)?

Martin Hilbert dan Priscilla Lopez dari University of Southern California, belum lama ini mempublikasikan jurnal ilmiah tentang perkiraan jumlah data (informasi) yang disimpan manusia saat ini.

Seperti dikutip dari situs BBC, mereka mengkalkulasi data tersebut dengan mengumpulkan data analog maupun digital selama tahun 1986 hingga 2007.

Mereka memasukkan juga berbagai data dari platform kuno seperti floppy disc juga film x-ray hingga mikrocip pada kartu kredit.

Survey ini memilih periode 1986 hingga 2007 karena periode itu dikenal sebagai masa "revolusi informasi" di mana manusia mulai melakukan transisi menuju era digital.

Studi ini menunjukkan bahwa, pada tahun 2000, sekitar 75 % informasi tersimpan sebagai data analog, termasuk dalam format kaset video. Namun, pada tahun 2007, 94 % data sudah disimpan dalam bentuk digital.

Menurut hasil penelitian tersebut, seluruh data digital di muka bumi ini, pada 2007 adalah sebesar 295 exabyte. Angka yang cukup besar, dengan perbandingan 1 exabyte = 109 Gigabyte. Angka tersebut diperolah para peneliti dengan menghitung data-data yang ada di 25 platform teknologi berbeda, mulai dari komputer PC, DVD hingga iklan koran serta buku-buku. Dan jumlah tersebut, tentu saja, semakin besar. Menurut penelitian ini, secara umum, kapasitas penyimpanan komputasi meningkat sekitar 58 % per tahun.

"Bila kita masukkan semua informasi tadi ke dalam buku, maka kita bisa menutupi seluruh permukaan daerah AS atau China dengan tiga lapis buku," kata Martin Hilbert kepada BBC. "Bila jumlah informasi tersebut disimpan secara digital ke dalam CD, maka bila cakram-cakram CD tersebut dijejerkan, bisa mencapai jarak bumi-bulan."

Jumlah data tersebut masih kalah jauh dibandingkan jumlah data yang lenyap tanpa jejak. Para peneliti mengatakan, manusia menyiarkan sekitar 1,9 zettabyte (1 zettabyte = 1000 exabyte) informasi dari berbagai sumber seperti acara TV dan data lokasi GPS satelit pada tahun 2007.

Walaupun jumlah data di atas terdengar begitu besar, tapi tetaplah tidak sebanding dengan yang disimpan di alam. Bahkan jika dibandingkan dengan besar jumlah data yang diolah dan disimpan secara alamiah oleh tubuh kita.

"DNA di dalam satu tubuh manusia bisa menyimpan hingga 300 kali informasi yang lebih banyak daripada yang kita simpan di seluruh perangkat teknologi kita," kata Hilbert.

Bukti dari kebesaran Sang Pencipta.

Sumber:

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment