Erupsi Bromo Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 1.000 Meter

Posted by M@storo on Monday, November 29, 2010

Erupsi Gunung Bromo

Erupsi yang terus terjadi pada Gunung Bromo pagi ini (29/11) mengakibatkan semburan abu vulkanik hingga ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Abu vulkanik Bromo ini terbawa angin ke arah barat daya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari pos pengamatan gunung api di Gunung Bromo, gempa vulkanik dangkal terjadi 8 kali dengan amplitudo 36 milimeter. Tremor juga terjadi secara terus menerus dengan amplitudo 35 milimeter. Data seismik ini terhitung sejak pukul 00.00 WIB hingga 06.00 WIB. Ketinggian semburan abu vulkanik mencapai 1.000 meter.

Ketua Tim Tanggap Darurat Gunung Bromo, Gede Suardika yang dihubungi pagi ini (29/11) mengatakan, tekanan kuat menyebabkan semburan material vulkanik setinggi 700 meter. Namun untuk tekanan lemahnya hingga 1.000 meter di atas permukaan laut.

Suardika mengatakan aktivitas vulkanik Gunung Bromo hingga tujuh hari sejak statusnya ditetapkan menjadi awas pada Selasa (23/11) pekan lalu masih tergolong tinggi. Karena itu daerah terlarang untuk dimasuki adalah pada kaldera atau lautan pasir Bromo dengan radius tiga kilometer dari bibir kawah.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiaagaan Badan Penanggulangan Bencana Propinsi Jawa Timur Abdul Hamid mengatakan, hingga saat ini, PVMBG belum mengeluaarkan rekomendasi untuk melakukan evakuasi.

Sementara itu, berdasarkan pantauan dari Dusun Ngadisari, erupsi masih terus berlangsung kendati abu vulkanik yang disemburkannya masih jatuh di wilayah kaldera Bromo. (Sumber: tempointeraktif.com)

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment